A blog about FOOD, Travel, Friendship, and Life

SARAPAN JANGAN KAPAN-KAPAN

By 11:53 PM , , , ,

Moin-moin teman-teman sepermoinan! :D

Ketemu lagi sama Mbaven niih. Kali ini mau berbagi cerita sama info tentang sesuatu yang kita alami tiap hari, yang kadang suka dilupain. Kasihan yaa.. Apakah itu? Tema ini udah pernah ditweet di @moinblog nii. Tema #moinfo waktu itu tentang sarapan. Nah, jujur aja deh, siapa yang disini masih suka skip sarapan?? Jujur dari lubuk hati yang paling dalam, SAMA DONG. 

Gw juga suka kelewat sarapan, biasanya gara-gara nggak sempet. Udah itu aja sih.. Tapi kerasa beda banget pas kita sarapan sama nggak sarapan. Kalo paginya nyempetin sarapan, rasanya kepala lebih ringan, terus lebih fokus seharian. Sedangkan waktu kelewat sarapan, badan berasa lemes, enek, susah konsentrasi, suka lupa, terus tiba-tiba mention @csugiono : "Sayang, udah makan belom? Lagi apa? Miss you" Gitu deh kalo gw nggak sarapan, suka lupa pacar gw yang mana.... *dijejelin rambut sama pacar asli*

Suprisingly, apa yang menimpa gw saat sarapan dan nggak sarapan itu ternyata punya alasan tersendiri kenapa begini kenapa begitu. Disini gw rangkum fakta-fakta tentang sarapan, yang semoga aja berguna buat teman-teman semua dan supaya mulai besok pagi nggak lupa sarapan. Monggo diliat :)

Source : www.weheartit.com


Pada tahu nggak, kalo dari 3 waktu makan (pagi-siang-sore), ternyata makan pagi alias sarapan adalah waktu yang PALING PENTING di setiap harinya. Kok bisa? Kenapa? Ini alasannya :

Banyak penelitian yang bilang, sarapan bisa ningkatin konsentrasi, kemampuan problem solving juga makin ok, sampe ngaruh ke mood kita di hari tersebut. Bisa seharian good mood kalo paginya sarapan dulu. Asik kan?

"Sarapan kan bikin gendut... Nggak mau! Nggak liat apa ini panci nempel terus di perut?!"

Yaaa.. kalo sarapannya satu paket nasi padang plus satu paket mekdi isi nasi sama ayam dua sama telor dibayar ngutang yaaaaa... Iya bikin gendut. Tapi kalo sarapan kamu bener, ternyata malah jaga berat badan kamu dan risiko kelebihan berat badan juga berkurang! Singset! Ini salah satu buktinya :

"But studies have shown that people who don’t eat a morning meal have a tendency to make up for it later in the day," says registered dietitian Beth Mansfield, who runs nutrition programs for the Lipid Clinic of the University of Ottawa Heart Institute. Breakfast eaters consume fewer calories on average than those who skip the first meal of the day." 

"Tetep ajaaa.. Aku nggak mau gendut sis, jadi aku harus sarapan apaaaah?" 

Eits, jangan sedih.. Coba deh pilih sarapan sehat yang banyak mengandung serat sama protein. Dua teman kita ini bakal bikin kamu kenyang, at least sampe waktu makan siang. Jadi nggak tergoda buat ngemil mulu. Contohnya apa? Ini dia : roti gandum, oatmeal, telur, sereal dengan susu, pisang, jus buah, wah banyaaak. Tentunya semua itu nggak dimakan sekaligus yaa.. Rakus deh. Cukup pilih 1 atau 2 dari semuanya. :D

"Kalo ikutin sarannya moin, aku dapet apa? DAPET APAAA??!!"

Yang jelas nggak langsung dapet jodoh, nggak dapet folbeknya @csugiono, dan belum tentu langsung kurus juga. Tapi yang udah pasti kamu dapetin kalo selalu sarapan sehat apalagi ditambahin olahraga juga tiap harinya :
1. Jantung sehat
2. Kolesterol OK
3. Badan lebih fresh
4. Metabolisme OK
5. Body makin yahud
6. Bisa fokus dan konsentrasi lebih
7. Masih banyak lagi dan yang pasti nggak ada ruginya :D

Source : www.delish.com

Nah, jangan sampe lewat lagi sarapannyaa.. Sama-sama kita jadi lebih baik lagi, lebih sayang diri sendiri. 5-10 menit tiap pagi, buat 1 hari yang lebih baik, moin!

Btw, ini Mbaven comot foto sarapannya Masdit kemarin-kemarin. Doi bikin Roti Kodok hihi, siapa tau bisa jadi inspirasi buat sarapan besok. :D


You Might Also Like

2 comments

  1. seperti yg ibu saya selalu bilang: "Breakfast like champions!!!" :D

    ReplyDelete